09/09/2014

Jenis-Jenis Baju Adat Betawi

http://pesanbajupangsionline.blogspot.com/
Sedikit Informasi tentang pakaian adat betawi buat anda yang ingin mengetahui informasinya,
Pakaian adat betawi terdiri dari beberapa jenis, baik untuk laki-laki maupun wanita. Pakaian adat masyarakat Betawi seperti halnya pakaian adat yang berlaku di provinsi lain, dipengaruhi oleh kebudayaan atau adat setempat. Pengaruh tersebut dapat kita lihat dari pakaian adat Betawi untuk pakaian sehari-hari. Ente bise nelepon ane di nomor 0882-1047 9427


Baju adat betawi Laki-Laki
1.Baju koko

Baju koko yang dikenakan disebut juga sadariah. Bentuknya sama dengan baju koko pada umumnya,hanya biasanya baju berwarna polos.

2.Celana batik. Celana batik yang dikenakan adalah celana kolor batik panjang. Dengan warna yang tidak terlalu ramai, biasanya hanya putih,cokelat, dan hitam dalam motif-motifnya. 

3.Kain pelekat. 
Kain pelekat ini bentuknya seperti selendang yang ditempatkan sebelah pundak atau diselempangkan pada leher.

4.Peci
Peci yang digunakan pada umumnya berwarna hitam berbahan beludru yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi.

5.Baju Pangsi
Baju pangsi ini dahulu dikenakan oleh pria Betawi sebagai pakaian sehari-hari dalam beraktivitas, seperti silat,sholat dan lain sebagainya
Perlengkapan baju pangsi ini terdiri dari Kemeja lengan panjang model koko polos, celana komprang menggantung, kain kotak-kotak/batik betawi yang di sematkan dileher sebagai cukin, peci(kopiah), sabuk ijo, dan sandal terompah sebagai alas kakinya.


Baju adat betawi Wanita
1.Baju kurung berlengan pendek. Baju kurung yang dikenakan memiliki lengan pendek, tak jarang ditambahkan saku di bagian depannya dengan warna-warna yang mencolok.

2.Kain sarung batik. Kain sarung batik yang sering dikenakan perempuan-perempuan Betawi biasanya bercorak geometri dengan warna-warna yang cerah untuk dipadupadankan dengan baju kurung yang digunakan.

3.Kerudung. 
Kerudung yang digunakan yaitu selendang yang dikenakan pada kepala para perempuan Betawi. Warnanya serasi dengan baju kurung yang mereka kenakan.

  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jenis-Jenis Baju Adat Betawi Rating: 5 Reviewed By: Kamal Diva